Arsitektur Komputer Von Neumann merupakan arsitektur
yang diciptakan oleh Jhon Von Neumann(1903 – 1957). Nama Von Neumann sendiri
diambil dari namanya karena dialah yang pertama kali mempublikasikan
konsep tersebut (seandainya saya yang duluan pasti namanya akan diambil dari
nama saya tentunya), arsitektur komputer ini banyak digunakan di
sebagian besar sistem komputer non paralel seperti komputer rumahan atau
notebook. Kedepanya model Von Neumann akan digantikan dengan sistem yang
mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak seperti
komputer yang digunakan oleh NASA.
Superkomputer milik NASA menghubungkan 20 komputer
canggih sgi altix, yang masing-masing memiliki 512 prosesor, dilengkapi dengan
500 terabyte media penyimpan (storage) lokal. Sejumlah 10.240 prosesor
intel itanium 2 akan mentenagai superkomputer space exploration simulator ini
untuk melakukan berbagai penelitian (kalau cuma untuk ngenet sia-sia nih
komputer). Okay, back to point. Meski konsep ini dikemukakan
oleh Jhon Von Neumann kemudian dikembangkan oleh J. Prespert Eckert(1919 –
1995) dan Jhon William Mauchly(1907 – 1980) dalam pengembangan
komputer ENIAC, nama von Neumann lah yang lebih dikenal sebagai penemu arsitektur
komputer tersebut.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan
empat bagian utama yaitu Unit Aritmatika dan Logis (ALU) yang merupakan
bagian dari unit kontrol (cpu), media penyimpanan (memory), dan alat masukan
(input) dan hasil/keluaran (output) secara kolektif dinamakan I/O. Dibawah ini
adalah gambar arsitektur Von Neumann.
Dalam gambar
menunjukan begitu sederhananya arsitektur tersebut, berikut penjelasan dari
empat komponen tersebut.
1. Masukan (input)
Perangkat ini memiliki fungsi sebagai media untuk
memasukkan data ke dalam processor untuk diolah guna menghasilkan informasi
yang diperlukan. Input devices atau perangkat masukan yang umumnya digunakan
personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah
unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat
joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan
komputer. Kemudian scanner, untuk memindai gambar agar dapat di olah secara
digital. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan
suatu proses akses file sebagai pengganti mouse. Microphone, untuk merekam
suara ke dalam komputer dan masih banyak lagi.
2. Pemroses (cpu)
CPU atau Central Processing Unit merupakan tempat
pemroses dari intruksi-intruksi program, bentuknya berupa chip yang terdiri
dari jutaan IC. CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu Unit Kendali
(control unit) serta Unit Aritmatika dan Logika (ALU). Disamping
itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang
disebut dengan register.
- Unit
Kendali (control unit)
Unit ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua
peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit kendali akan mengatur
kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan
ditampilkan pada alat output. Tugas dari unit kendali ini adalah :
• Mengatur
dan mengendalikan alat-alat input dan output.
• Mengambil
instruksi-instruksi dari memori utama.
• Mengambil
data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
• Mengirim
instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika serta mengawasi kerja dari
ALU.
• Menyimpan
hasil proses ke memori utama.
- Unit
Aritmatika dan Logika (ALU)
Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua
perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
ALU melakukan operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit
elektronik yang digunakan disebut adder. Tugas lain dari ALU adalah melakukan
keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi
logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika
tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (<> ), kurang dari
(<), kurang atau sama dengan (<= ), lebih besar dari (>), dan lebih
besar atau sama dengan (>=).
3.
Penyimpanan (memory)
Memory mrupan media penyimpanan data pada Komputer,
jenis memory dibagi menjadi dua yaitu.
- RAM (Random Access Memory)
RAM adalah
memory utama bagi Komputer yang memegang arahan data yang akan diproses oleh
Processor, Ram sendiri bersifat volatile. Artinya data yang disimpan didalamnya
akan hilang ketika tidak di aliri arus listrik. Jenis RAM sangat bervariasi,
diantaranya :
- DRAM (Dynamic
RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh
CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.
- SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling umum digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tanggi dari pada DRAM.
- SRAM (Statik RAM) adalah jenis memory yang tidak perlu penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM.
- RDRAM (Rambus Dynamic RAM)adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM.
- EDORAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memory yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium.
- SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling umum digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tanggi dari pada DRAM.
- SRAM (Statik RAM) adalah jenis memory yang tidak perlu penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM.
- RDRAM (Rambus Dynamic RAM)adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM.
- EDORAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memory yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium.
- DDR (Double
Data Rate) tipe RAM yang menggunakan teknologi double clock cycle. DDR
sekarang sudah semakin berkembang dengan munculnya DDR2 dan DDR3 yang memiliki
kecepatan yang sangat tinggi.
Kedepannya
mungkin jenis-jenis RAM akan terus berkembang, karena semakin berkembang
pulasistem komputer yang ada saat ini. Sehingga untuk menunjang kebutuhan
komputasi yang tinggi dibutuhkan performa komputer yang maksimal.
- ROM (Read Only Memory)
ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang
disimpan didalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik
di matikan. Proses menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah,
namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Sampai saat ini ada
berbagai jenis ROM yang pernah beredar dan terpasang pada komputer, antara lain
PROM, EPROM, EAROM, EEPROM, dan Flash Memory. Berikut ini uraian singkat dari
masing-masing jenis ROM tersebut.
1. PROM (Programmable Read Only Memory)
2. EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory)
3. EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read
Only Memory)
4. Flash Memory
4. Keluaran (output)
Perangkat output adalah perangkat komputer yang
digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya.
Informasi yang ditampilkan oleh komputer merupakan hasil dari pemrosesan yang
telah dilakukan oleh komputer. Informasi yang diteruskan oleh komputer melalui
perangkat output dapat berupa tampilan di layar hasil cetakan, suara, dan
sebagainya. Perangkat output sangat banyak sekali jenisnya diantaranya.
- Monitor
Monitor merupakan salah satu perangkat keras
(Hardware) yang digunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuah
komputer, dan kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu
komputer, sehingga dikarenakan monitor itu sebagai penampilan gambar maka
tentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat
digunakan tanpa menggunakan komputer (coba aja bayangin facebookan tanpa
monitor. hehe..).
- Printer
Printer adalah perangkat Output yang digunakan untuk
menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas. Printer dihubungkan
dengan komputer melalui USB, selain itu printer juga harus dihubungkan dengan
arus listrik namun saat ini ada jenis printer portabel yang menggunakan
baterai. Saat pertama kali disambungkan ke komputer, kita harus menginstall
software driver printer agar printer itu dapat dikenali oleh komputer.
Ketajaman hasil cetakan printer diukur dengan satuan dpi atau dot per inch
yaitu banyakknya titik dalam satu inci. Semakin tinggi dpi sebuah printer, maka
semakin tajam hasil cetakannya.
- Speaker
Speaker adalah perangkat keras untuk menghsailkan
suara. Jenis lain dari speaker adalah headset atau earphone. Kita dapat
mendengarkan hasil keluaran berupa suara dari komputer melalui speaker.
- Infocus/Proyektor
Infocus juga merupakan alat ouput, biasanya digunakan
untuk presentasi, yang dihubungkan kekomputer untuk menampilkan apa yang ada
pada monitor ke suatu screen (layar) ataupun dinding.
- Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara
khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik.
Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka pelbagai bentuk gambar
akan dapat disajikan secara prima.
0 komentar:
Posting Komentar